E-Commerce dan Analisis Website

Senin, November 17, 2014 0 Comments







E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik, dengan cara transfer dana elektronik. E-commerce juga merupakan bagian dari e-business, tetapi cakupan e-business lebih luas. E-commerce pertama kali diperkenalkan tahun 1994. Banyak jurnalis memperkirakan bahwa E-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru yang kemungkinan nantinya akan berkembang pesat. 
Awal mula munculnya konsep belanja jarak jauh ini dipelopori oleh Michael Aldrich, seorang penemu dan pengusaha Inggris yang tidak sengaja memulai proses awal mula belanja online. Ide ini didapatkan Aldrich pada tahun 1979 dari kemalasannya untuk melakukan belanja bulanan ke supermarket, dimana Ia menginginkan sebuah televisi di supermarket yang disambungkan ke komputer dirumahnya dengan tujuan untuk menampilkan pesanan yang ingin diantarkan secara mingguan. Saat itu konsep belanja jarak jauh (teleshopping) belum dikenal masyarakat.

Sejak ide itu muncul pasar e-commerce mulai dikembangkan dan diadopsi di berbagai tempat. Perkembangan selanjutnya bukanlah sebuah hal yang mengejutkan ketika masyarakat menyardari jika pasar ini mulai bisa diuangkan. Individu maupun perusahaan pun mulai berlomba untuk menyediakan jasa jenis ini, khususnya di Indonesia yang memiliki peluang besar dalam pemasaran bisnis jenis apapun.


Jenis-jenis E-Commerce

E-Commerce sendiri dibagi menjadi tiga tipe , yaitu:

1. Electronic Markets (EMs).
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan serta bertukar informasi tentang produk (barang) yang ditawarkan beserta daftar harganya.

2. Electronic Data Interchange (EDI).
EDI adalah sarana pertukaran data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui oleh antar organisasi yang melakukan pertukaran yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik. EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.

3. Internet Commerce.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang digunakan untuk bertukar informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan yang terdapat dalam internet commerce ini biasanya berupa iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.


Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce

Kelebihan e-commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.

Kekurangan e-commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, karena kurang mengenalnya pembeli dengan si penjual. Oleh karena itu dibutuhkan sekali kecermatan dalam memilih situs e-commerce agar tidak mudah tertipu.

Sejarah Bhinneka.com
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja kiat-kiat Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba mencari jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.

Visi dan Misi Bhinneka.com
Visi dan misi Bhinneka.com yaitu menjadi toko online elektronik yang memberikan pelauanan maksimal pada pelanggan. Selain itu menurut CEO bhinneka.com, bapak Hendrix Tio. Bhinneka.com memiliki 8 dimensi tentang memberikan pengalaman terbaik didalam bidang perbelanjaan secara online yaitu :

Community Value
Great Product Presentation
Superb Bussiness Prosess
Excellence Service
Delighting and Fun
Excellence Atmostphere
Solution and Education Value
Friendly Technology
Kelebihan Website Bhinneka.com
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :

Katalog yang terstruktur dengan baik.
User dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
Memiliki script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
Tawar online
Photography page (all about camera)
Mobile version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
DropDown menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
Rancang sendiri (build your own PC)
JNE (jasa pengiriman)
e-Care (garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
Payment confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com)
Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi bhinneka.com)
Help/FAQ
Kekurangan Website Bhinneka.com
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :

Salah satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.
bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.
Dari hasil review diatas, dapat disimpulkan bahwa website Bhinneka.com telah mampu dikategorikan kedalam website yang baik jka dilakukan sedikit perbaikan pada fitur – fitur yang kurang.

Cara Belanja :


Bhinneka.com melayani pembelian untuk seluruh wilayah Indonesia.


Untuk pembelian luar kota, perusahaan ini menawarkanfasilitas Shopping Cart di www.Bhinneka.com ataupun via telepon maupun email ke sales@bhinneka.com untuk pemesanan. Sedangkan untuk pembeli yang berada di jabodetabek bisa melakukan pembelian secara langsung dengan mengunjungi kantor atau outlet. Pembeli juga bisa melakukan pembelian secara kredit melalui Adira Kredit dan AEON Finance dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


Payment :


Perusahaan ini menawarkan pembayaran dengan rupiah ataupun dollar yang dapat dilakukan dengan cara transfer bank, KlikBCA, kredit, kartu kredit / BCA Debit (offline), BCA debit, bayar di tempat (COD), ataupun proses perusahaan.


Jasa Pengiriman :


Untuk pengiriman barang yang dibeli, perusahaan ini menggunakan jasa kurir dengan bekerjasama menggunakan jasa TIKI dan JNE. Secara otomatis perusahaan tersebut memberikan garansi jika ada kerusakan atau cacat yang terjadi selama pengiriman. Atau kita bisa menggunakan jasa pengiriman yang kita ingikan dengan memberitahu sebelumnya, dengan ketentuan jaminan barang sampai ketempat tujuan sepenuhnya ditanggung oleh pembeli.



Kesimpulan

Toko online Bhinneka memang hanya salah satu toko online yang ada di Indonesia. Masih banyak toko online yang juga menjual barang-barang seperti Bhinneka. Namun seperti kita ketahui bersama, Bhinneka telah menjadi acuan dari customer-customer yang ingin mencari peralatan komputer dari seluruh Indonesia.

Bhinneka yang telah berdiri sejak 1993, dan memiliki situs penjualan online sejak tahun 2000 memiliki kerjasama partnership dengan beberapa vendor terkemuka di bidang hardware dan software. Kehebatan Bhinneka bisa kita lihat dari deretan penghargaan yang telah mereka terima.

Berbelanja online di Bhinneka pun terasa mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kita sudah dapat melakukan order, dan hanya dalam beberapa hari barang yang telah kita pesan dan bayar telah datang.

Madani

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: