Memblok situs tanpa Software pada SO LINUX FEDORA

Kamis, Oktober 07, 2010 0 Comments

Mungkin bagi anda yang menggunakan LINUX FEDORA akan sedikit kesulitan untuk mencari saoftware atau yang lainnya dalam memblok situs yang tidak diinginkan, pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memblok situs tanpa software pada LINUX Fedora..

sebelumnya saya hanya coba - coba saja membuka isi berkas pada sistem LINUX, namun ketika saya melihat teman teman saya ketika belajar, mereka malah membuka situs situs jejaring sosial, saya berniat mengerjai teman saya tersebut, sehubung saya bisa juga memblok situs pada SO XP tanpa Software, saya pun mencoba pada LINUX FEDORA yang sedang saya pelajari di sekolah,,

berikut langkah-langkahnya yang saya coba dan berhasil juga pada akhirnya:

  1. Pertama anda harus masuk ke dalam CLI Linux atau kernel Linux, dengan menekan ctrl+alt+f2 atau klik ikon terminal , maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini, lalu ketikkan seperti apa yang ada pada kotak dialog dibawah ini (harus masuk ke root)


















2. setelah anda masuk ke root lalu mengetik cd /etc maka anda akan berada di dalam direktori etc yang berada pada sistem berkas LINUX, kemudian ketikkan lah ls -l untuk melihat daftar file yang berada di dalam direktori atau folder (dalam windows), maka akan tampak seperti gambar berikut!!















3. langkah ke 3 anda ketikkan vi hosts (untuk mengedit isi file hosts atau bisa menggunakan nano hosts jika agak sulit dalam menggunakan vi hosts) .

















4. langkah ke 4, ketika terbuka isi dari file hosts tsb anda harus mengeditnya dengan menekan tombol a lalu tinggal anda edit edit dikit,,
hhe


















5. langkah ke 5, ketikkan 127.0.0.1 lalu tab dan masukkan situsnya (misal www.facebook.com), dan untuk menambah situs situs yang lain tinggal tekan enter lalu masukkan 127.0.0.1 dan situsnya lagi, dst begitu aja




















6. kemudian tekan esc -> ketik :w (untuk menyimpan file hosts) -> ketik :q! (untuk kembali ke root) setelah itu dicoba ajj buka alamat situs yang di blok tadi, insyaallah klo g salah ngetiknya pasi work gan!!!

















yang :w


















yang :q!..

oh ya untuk hasil situs yang di blok maaf  belum saya SS karena saya mepetsama tugas saya jadi belom sempet dehh,,

untuk informasi lebih lanjut jika bingung, komen aja yahh,,
okeee,,

Madani

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: